Jurnal Akuntansi Perusahaan Dagang

Fungsi dan pengertian Jurnal akuntansi. Jurnal akuntansi adalah pencatatan setiap transaksi keuangan yang terjadi didalam perusahaan sesuai dengan akun-akun yang dibutuhkan secara seimbang antara debit dan kreditnya sehingga menghasilkan buku besar untuk pembuatan laporan keuangan perusahaan

Jurnal akuntansi dilakukan di setiap transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan baik perusahaan dagang, perusahaan jasa, perusahaan kontraktor ataupun perusahaan manufaktur. Jurnal akuntansi dilakukan harus sesuai dengan akun-akun yang digunakan perusahaan secara seimbang baik debit dan kredit nya sehingga jurnal yang terjadi dapat masuk ke Laporan keuangan tang sesuai dengan akun-akunya baik ke Laporan Neraca ataupu ke Laporan Lara/Rugi Perusahaaan

Contoh Jurnal akuntansi Perusahaan dagang

Jurnal Transaksi Pembelian

Jurnal transaksi pembelian dimulai dari transaksi penerimaan barang, sebagai ilustrasi PT. ABC menerima barang dagangan dari PT. Global Building sebesar Rp. 1.000.000 maka Jurnal yang di catat sebagai berikut :

Persediaan Barang Dagang Rp. 1000.000

Hutang Belum tertagih            Rp. 1.000.000

dan ketika PT. ABC menerima Tagihan / Faktur Pembelian dari PT. Global Building maka akan menghasilkan laporan hutang.  jurnal yang dicatat PT. ABC sebagai berikut :

Hutang Belum Tertagih       Rp. 1.000.000

Hutang Dagang                        Rp. 1.000.000

dan ketika PT. ABC melunasi tagihan hutang ke PT. Global Building maka jurnal yang di catat PT. ABC sebagai berikut :

Hutang Dagang                 Rp. 1.000.000

Kas / Bank                                 Rp. 1.000.000

Jurnal transaksi penjualan

Jurnal transaksi penjualan terjadi ketika Barang Dangan dikirimkan kepada pelanggan, sebagai Ilustrasi PT. ABC mengirmkan Barang Dagang senilai Rp. 500.000 ke PT. Maju Sentosa maka jurnal yang di catat PT. ABC sebagai berikut :

Barang terkirim            Rp. 500.000

          Persediaan Barang Dagang           Rp. 500.000

Ketika PT. ABC mengirimkan tagihan / Faktur Penjualan ke PT. Maju Sentosa maka akan menghasilkan Laporan Piutang dan Laporan Penjualan. Jurnal yang dicatat sebagai berikut :

Piutang Usaha            RP. 700.000

Penjualan Barang Dagang         Rp. 700.000

Harga pokok penjualan   Rp. 500.000

Barang Terkirim                         Rp. 500.000

Ketika PT. ABC menerima pembayaran piutang dar PT. Maju Sentosa, maka jurnal yang dicatat sebagai berikut :

Kas / Bank                Rp. 700.000

Piutang Usaha                       Rp. 700.000

Jurnal transaksi pencatatan biaya

Jurnal transaksi pencatatan biaya dilakukan ketika perusahaan melakukan pengeluan biaya, sebagai ilustrasi PT. ABC membayar tagihan listrik dan Tlp sebesar masing-masing Rp. 25.000 pencatatn jurnalnya sebagai berikut :

Biaya Listrik             Rp. 25.000

Biaya Telphone       Rp. 25.000

Kas / Bank                        Rp. 50.000

Berikut beberapa ilustrasi Jurnal akuntansi yang dapat digunakan oleh perusahaan dagang, dan masih banyak lagi jurnal traksaksi keuangan perusahaan yang belum Saya Ilustrasikan seperti diatas.

Laporan keuangan perusahaan yang harus dimiliki perusahaan diantaranya adalah :

  • Laporan Neraca / Balance Sheet
  • Laporan Rugi / Laba
  • Laporan Piutang
  • Laporan Hutang
  • Laporan Penjualan
  • Laporan Laba / Rugi Multi Periode
  • Laporan Arus Kas
  • Laporan Rincian Buku Besar
  • Laporan Rincian Umur Piutang
  • Laporan Rincian Umur Hutang
  • Laporan Laba / Rugi Per Departement
  • Laporan Laba / Rugi Per Proyek
  • Laporan Ketersediaan Stok Penjualan
  • Laporan Rincian Nilai Persediaan
  • Laporan Rincian Umur Persediaan
  • Laporan Kuantitas Barang Pergudang
  • Laporan Stok Nomer Seri / Produksi
  • Laporan Histori Pekerjaan Pesanan

Dan berikut transaksi yang belum saya ilustrasikan, seperti pencatatan jurnal transaksi pendapatan bunga bank, jurnal transaksi pembelian aset tetap dan transaksi penyusutan aset tetap, jurnal transaksi antar kas dan bank dan jurnal transaksi lainnya. Dan belum juga Jurnal transaksi Perusahaan Jasa, Perusahaan Kontraktor dan Perusahaan Manufaktur tetapi jangan kuatir karena akan Saya sajikan di postingan berikutnya.

Untuk memudahkan pencatatan jurnal saat ini sudah tersedia software akuntansi yang dapat membantu perusahaan untuk mencatat semua jurnal transaksi keuangan perusahaan yang secara otomatis menghasilkan Laporan keuangan perusahaan. Rekomendasi Saya adalah ACCURATE Accounting Software.

Jika ada pertanyaan mengenai jurnal akuntansi perusahaan dagang silahkan menghubungi Saya Yopi Arsopian di No 085219269059 bisa melalui telphone dan WhatsApp Terima kasih.