Panduan Mencatat Pembayaran Piutang Karyawan sebagai Pengurang Gaji Bulanan

Pinjaman karyawan atau piutang karyawan biasanya akan dibayar atau dipotong berbarengan dengan pembayaran gaji karyawan tersebut. Pihak perusahaan akan mencatat pembayaran gaji berikut dengan potongan piutang karyawan yang bersangkutan.

Silakan klik Panduan Mencatat Piutang Karyawan untuk mengetahui langkah-langkah Mencatat Piutang Karyawan di Accurate Online.

1. Langkah pertama untuk Mencatat pembayaran Piutang Karyawan sebagai potongan pada saat pembayaran gaji karyawan adalah membuat Membuat Daftar Gaji/Tunjangan baru melalui Menu Perusahaan | Gaji/Tunjangan dengan Nama Potongan Piutang Karyawan, dengan tipenya adalah Potongan Gaji (Tidak Mengurangi PPh). Isikan akun Piutang Karyawan pada field akun Beban. Tipe Akun yang dipilih pastikan tipe Piutang usaha.

Membuat Daftar Gaji?Tunjangan dengan Nama Potongan Piutang Karyawan

2. Untuk mencatat potongan piutang karyawan sebagai pengurang gaji bulanan, silahkan masuk ke Menu Buku Besar | Pencatatan Gaji, kemudian pilih karyawannya , lalu isikan Nilai Potongan Piutang Karyawan di kolom Potongan Piutang Karyawan sebagai pembayaran piutang karyawan.

Mengisikan Nilai Potongan Piutang yang dibayarkan pada kolom Potongan Piutang Karyawan

3. Langkah selanjutnya klik Lanjut dan Simpan, maka jurnal yang akan terbentuk adalah sebagai berikut. Nilai Piutang karyawan akan berkurang sebesar nilai yang di input.

Jurnal Pembayaran Piutang Karyawan sebagai Pengurang Gaji Bulanan

4. Jika dilihat dari Laporan Rincian Jurnal Akun di Menu Laporan | Laporan Buku Besar | Rincian Jurnal Akun, maka saldo piutang karyawan akan terpotong sejumlah tersebut. Note : filter paramater tanggal dari tanggal pencatatan piutang karyawan s/d pembayaran piutang terakhir karyawan.

Nilai Saldo Piutang Karyawan setelah Pembayaran (0) di Laporan Rincian Jurnal Akun