Cara Melakukan Potong PPh 23 atas Transaksi Pembelian Jasa di ACCURATE Online

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan potong PPh 23 atas transaksi Pembelian jasa yang diinput melalui formulir Faktur Pembelian.

Ilustrasi Transaksi:

1. Perusahaan menerima tagihan sebesar Rp 4.500.000 atas jasa sewa gedung dan akan memotong PPh 23 sebesar 2% atau Rp 90.000 atas jasa yang ditagihkan tersebut. Atas tagihan tersebut perusahaan membuatkan faktur pembelian seperti gambar terlampir.

Faktur Pembelian dengan PPh 23

Jurnal yang terbentuk ketika melakukan pembelian jasa sewa diatas adalah seperti gambar dibawah ini, yang mana PPH 23 belum terpotong maka langkah selanjutnya akan dilakukan Pemotongan PPH 23 nya.

2. Setelah membuat faktur Pembelian tersebut langkah selanjutnya untuk melakukan Potong Pph 23 dengan cara klik Proses | Pemotongan Pph seperti gambar berikut

3. Maka akan tampil ke Jendela Pembayaran seperti gambar dibawah ini. Lalu Pilih Akun Kas atau Bank lalu Simpan. 

Jurnal yang terbentuk adalah menjurnal balik Akun Hutang Usaha dengan Akun lawannya Hutang PPh 23 seperti gambar dibawah ini.

4. Langkah selanjutnya melakukan Pencatatan pembayaran PPh 23 atas transaksi Pembelian yang sudah dilakukan diatas, Melalui Formulir Pembayaran pada Modul Kas/Bank | Pmbayaran.

Pada Formulir Pembayaran, isikan informasi yang diperlukan seperti Akun Kas?Bank yang akan mengeluarkan uangnya kemudian klik informasi ‘Ambil’ dan pilih pilihan ‘PPh Pembelian’ dan akan tampil detail tabel PPh Pembelian.

Langsung klik Lanjut maka akan tampil seperti gambar dibawah ini

Jurnal atas transaksi pembayaran pajak PPH 23-nya akan tampil seperti gambar berikut

Berikut Panduan melakukan potong PPH 23 atas pembelian jasa dan cara melakukan pembayaran pajak PPH 23. Apabila ada pertanyaan lain mengenai ACCURATE Online dapat menghubungi Yopi di No WhatsApp yang tersedia di website ini. Terima kasih.