Panduan Menampilkan Nilai PPN dikurangi PPN Uang Muka di Faktur Penjualan

Terkadang sangat membingungkan ketika sudah menginput Uang Muka Penjualan dengan PPN dan ketika membuat Faktur Penjualan dengan menarik Uang muka Penjualan, Nilai PPN nya di Faktur Penjualan belum dikurangi dengan PPN Uang muka yang sudah dicatat. Berikut ilustrasi Transaksi.

Contoh Kasus : Faktur Penjualan dengan nilai sebesar Rp 1.375.000 (termasuk PPN sebesar Rp 125.000) dengan uang muka sebesar Rp 1.100.000 (termasuk PPN sebesar Rp 100.000). Dan ingin menampilkan nilai PPN Setelah dikurangi PPN Uang Muka Penjualan di Desain Cetakan Faktur Penjualan yaitu sebesar Rp 25.000.

Faktur Penjualan dengan Uang Muka

Desain Cetakan Faktur Penjualan dengan PPN (sebelum dikurangi)

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menampilkan nilai PPN dikurangi dengan PPN Uang Muka Penjualan :

Buka desain cetakan Faktur Penjualan, melalui Menu Pengaturan | Desain Cetakan, lalu cari desain cetakan yang dimaksud dan klik Buka Desainer

Mengakses Menu Desain Cetakan

Mencari Desain Cetakan Faktur Penjualan

Membuka Desainer

Pada Desainer, klik 2x pada variable PPN nya atau isikan pada Kotak Expression, ganti variable skrip nya dengan rumus berikut : $F{salesInvoice.tax1Amount}-($F{salesInvoice.totalDownPayment}*10/110).

Mengganti Variable Skrip PPN

Mengganti Variable Skrip PPN

Menyimpan Perubahan Template

Simpan desain cetakan-nya dan tampilan Desain Cetakan Faktur Penjualan akan seperti berikut ini

Desain Cetakan Faktur Penjualan dengan PPN setelah dikurangi PPN Uang Muka

Berikut Panduan cara menampilkan Nilai PPN di Faktur Penjualan yang sudah dikurangi oleh PPN Uang Muka Penjualan. Apabila ada pertanyaan lain mengenai ACCURATE Online silahkan menghubungi Yopi di No WhatsApp yang tersedia di Website ini. Terima kasih.