Penyebab Harga Pokok Penjualan Periode Yang Lalu Berubah dan Bagaimana Cara Pencegahannya

Laporan Laba/Rugi Periode lalu berubah.!? Hal tersebut tidak boleh dilakukan karena akan merubah Laporan Keuangan yang sudah di Laporarkan. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar Laporan Laba Rugi Periode lalu tidak berubah:

1. Melakukan Pengubahan Transaksi Atau Penginputan Transaksi Periode Sebelumnya pada Tahun berjalan.

Contoh-nya adalah transaksi pembelian barang pada tahun 2018, dilakukan pengubahan harga beli pada tahun 2019. Dimana harga beli barang yang diubah tersebut telah terjual penuh di tahun 2018. Dengan demikian bisa menyebabkan nilai HPP atas penjualan barang tersebut berubah dan berpengaruh pada Laporan Laba/Rugi Tahun 2018. Atau adanya penginputan transaksi tahun 2018 yang dilakukan pada tahun 2019. Misalnya yaitu melakukan penginputan Transaksi Faktur Penjualan Tahun 2018 pada tahun 2019, dsbnya. Untuk mengetahui penginputan transaksi seperti ini, bisa anda ketahui melalui fitur Log Aktifitas yang terdapat di Menu Perusahaan.

2. Penjualan atas Barang yang tidak ada Stock-nya di Database Accurate.

Adanya penjualan barang yang stok barang di Database Accurate kosong (nol) sehingga saat dilakukan penjualan menyebabkan kuantitasnya menjadi minus. Dan nilai HPP atas penjualan barang tersebut akan tercatat nol (kosong) oleh ACCURATE dikarenakan tidak adanya stok pada Gudang. Dan nilai HPP akan terisi (tersesuaikan) jika dilakukannya pembelian atas barang tersebut. Untuk mengetahui hal ini, anda bisa melakukan pengecekan melalui Laporan Rincian Nilai Persediaan yang terdapat pada Menu Laporan | Persediaan. Kemudian pilih barang yang dimaksud dan filter tanggal transaksi di periode yang mengalami perubahan. Misalnya transaksi yang mengalami perubahan adalah Agustus 2018, maka filter tanggal laporannya dari sebelum Agustus 2018 s/d per hari ini.

3. Transaksi Penerimaan Barang yang belum dibuatkan Faktur Pembelian-nya.

Hal ini bisa menjadi penyebab nilai HPP periode sebelumnya bergerak jika pada database anda memilih pengaturan pada penerimaan barang dengan pilihan “Diperbarui Oleh Tagihan”. Untuk mengetahui pilihan apa pada database anda, bisa dilihat dari Menu Pengaturan | Preferensi | Pembelian, pada bagian Penerimaan Barang.

Pengaturan Penerimaan Barang

Note : namun perlu diingat, pengaturan ini dapat di-ubah sewaktu-waktu. Dan efek dari perubahan yang dilakukan tidak akan mempengarahui transaksi sebelumnya. Misalnya, awalnya di database anda memilih pengaturan Diperbarui oleh Tagihan s/d transaksi di bulan Mei 2019. Kemudian pada Juni 2019, pengaturan diubah menjadi Tidak Diperbarui oleh Tagihan. Maka untuk transaksi pembelian yang telah dilakukan penginputan pada bulan Mei 2019 kebelakang, berlaku untuk pengaturan Diperbarui oleh Tagihan (sebelum perubahan dilakukan).

Dengan memilih pengaturan “Diperbarui oleh tagihan” nilai persediaan akan mengikuti nilai harga beli yang diisikan pada Faktur Pembelian. Sehingga jika ada Penerimaan Barang pada periode sebelumnya yang belum dibuatkan Faktur Pembelian dan semua barang tersebut sudah dilakukan penjualan di periode sebelumnya (misal tahun 2018), maka sementara nilai HPP atas penjualan tersebut akan mengikuti nilai harga beli di Pesanan Pembelian atau mengikuti metode seperti penjelasan disini. Dan jika Faktur Pembelian atas Penerimaan Barang tersebut dibuatkan di periode selanjutnya (misalnya tahun 2019) dan adanya perubahan harga beli pada Faktur Pembelian, maka otomatis nilai HPP atas penjualan barang di tahun 2018 akan berubah mengikuti harga beli di Faktur Pembelian-nya.

PENCEGAHAN YANG BISA DILAKUKAN

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan pada database Accurate Online, untuk mencegah terjadinya perubahan Harga Pokok Penjualan periode lalu. Berikut ini penjelasannya :

1. Pengaturan pembatasan periode transaksi yang dapat diinput atau diubah.

Anda bisa melakukan pengaturan pembatasan untuk periode transaksi yang diperbolehkan untuk diinput ataupun diubah pada database Accurate Online anda. Pengaturan pembatasan ini, bisa dilakukan dari Menu Pengaturan | Preferensi | Pembatasan, pada bagian Tanggal Transaksi.
Pilihan pembatasannya adalah Berdasarkan RENTANG WAKTU dan Berdasarkan TANGGAL TERTENTU. Anda bisa memilih pembatasan sesuai kebutuhan anda.

Pembatasan Transaksi dengan Rentang Waktu

Pembatasan Transaksi dengan Tanggal Tertentu

2. Mencegah Pencatatan Stok Minus di database Accurate Online

Anda bisa melakukan pencegahan agar stok persediaan di database Accurate online anda selalu ada atau tida minus (-). Untuk pengaturan di database anda, silakan untuk mengikuti panduan-nya disini.

3. Pengaturan Penerimaan Barang Memilih Selain Pilihan “Diperbarui Oleh Tagihan”

Jika transaksi pembelian anda, antara Penerimaan Barang dengan Faktur Pembelian bisa terjadi di 2 periode yang berbeda, maka kami menyarankan untuk memilih pengaturan pada Penerimaan Barang dengan pilihan “Tidak Diperbarui Oleh Tagihan” atau “Diperbarui jika tanggal tagihan pertama dalam periode yang sama dengan penerimaan barang “. Namun dengan memilih kedua pilihan tersebut, jika terjadi perbedaan harga antara Penerimaan Barang dengan Faktur Pembelian, maka nilai selisih akan tertampung pada akun yang anda isikan pada “Akun Selisih Pembelian Belum Tertagih”.

Berikut panduan mencegah Harga Pokok Penjualan Periode Yang Lalu Berubah agar tidak berubah dikemudian hari. Apabila ada pertanyaan lain mengenai ACCURATE Online silahkan menghubungi Yopi di No WhatsApp yang tersedia di Website ini. Terima kasih.