Cara Membuat Laporan Harga Pokok Produksi Manufaktur

Halo Sahabat ACCURATE terima kasih sudah mampir di postingan ini. Mungkin saat ini Anda sedang mencari tahu bagaimana caranya membuat Laporan Harga Pokok Produksi Manufaktur.

Pada kali ini Saya akan membantu membuatkan Laporan Harga Pokok Produksi Manufaktur sesuai dengan Harga Standard yang sudah ditentukan diawal,

Pembuatan Laporan ini menggunakan alat bantu ACCURATE Accounting Software Enterprise yang dibuatkan khusus untuk Perusahaan Manufaktur.

Langkah Pertama Persiapkan Daftar Material Bahan Baku :

  1. Bahan Baku
  2. Bahan Baku Pembantu
  3. Barang Setengah Jadi
  4. Barang Jadi

Persiapkan Daftar Biaya Overhead Pabrikasi :

  1. Biaya Listrik
  2. Biaya Tenaga Kerja Langsung
  3. Biaya Tenaga Kerja Tidak Langsung
  4. Biaya Air
  5. Biaya Mesin

Membuat Harga Standard Persediaan Bahan Baku dan Standard Biaya Overhead Produksi untuk menentukan Harga Pokok Produksi Barang Jadi.

Sebagai Contoh untuk membuat Harga Pokok Produksi Barang Jadi ABC dibutuhkan:

Harga Standard Persediaan Bahan Baku:

  1. Harga Standard Bahan Baku A Rp. 10.500
  2. Harga Standard Bahan Baku B Rp. 10.000
  3. Harga Standard Bahan Baku C Rp. 10.500

Harga Standard biaya-biaya Overhead Pabrikasi:

  1. Harga Standard Biaya Tenaga Kerja Rp. 150.000

Setelah membuat Harga Standard Persediaan dan Harga Standard biaya manufaktur, langah selanjutnya adalah memuat Surat Perintah Kerja (SPK)

Membuat SPK untuk memproduksi 1 Unit Barang Jadi ABC

Mencatat Pengeluaran Bahan Baku

Jurnal Pengeluaran Bahan Baku

Pencatatan Finish Produksi Barang Jadi

Jurnal Pada saat Penyelesaian Prduksi

Setelah melakukan Pencatatan Proses Produksi Barang jadi, langjkah selanjutnya adalah melakukan pencatatan biaya Overhead Pabrikasi.

Mencatat biaya gaji karyawan manufaktur

Jurnal Pencatatan Gaji

Langkah yang terakhir adalah melakukan Alokasi atas biaya biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang jadi tersebut ke Harga Produk Produksi. Langkahnya sebagai berikut:

Mengalokasikan Biaya Overhead Pabrikasi

Dengan melakukan Alur pencatatan proses produksi seperti diatas, dengan membuat Standard harga bahan baku dan Standard biaya overhead pabrikasi, maka secara otomatis Template Laporan Harga Pokok Produksi sudah terisi dengan benar dan Laporan Harga Pokok Produksi sudah siap untuk digunakan.

Melihat Laporan Harga Poko Produksi di ACCURATE Enterprise dapat di lihat dari Laporan | Daftar Laporan | Laporan Pabrikasi | Laporan Harga Pokok Produksi

Laporan Harga Pokok Produksi Akhir September

Laporan Harga Pokok Produksi Awal Oktober

Berikut cara mudah membuat Laporan Harga Pokok Produksi Manufaktur dengan menggunakan ACCURATE Accounting Software Enterprise Edition Versi 5. Format Laporan Keuangan sudah terbentuk dan sudah siap untuk diunakan Perusahaan. Sangat baik digunakan untuk Perusahaan Manufaktur.

Apabla ada pertanyaan mengenai permasalahan Akuntansi produksi manufaktur silahkan menghubungi Yopi Arsopian di No WhatsApp yang tersedia di Website ini. Terima kasih.